Senin, 11 September 2017

MENCIPTAKAN MEANING


 BELUM JADI BRAND KALAU BELUM MENCIPTAKAN "MEANING"

Ketika produk dari sebuah brand baru menjadi komoditas belaka dia belum menjadi brand.

Mengisi kebutuhan pasar dengan manfaat produk tapi tak menancapkan "meaning" akan sangat berbahaya.

"Brand Meaning" memang harus dipikirkan atau menjadi obsesi dari awal pembentukan brand itu sendiri.

Dan ini juga berlaku untuk Personal Bramding. Ketika personal brand tak memiliki passion atau obsesi yang jelas dan meaningful dia tak akan jelas kemana.

Jadi saran saya tentukan arah tujuan brand yang akan kita kembangkan daripada brand kita tak akan punya arti apa-apa...

Handoko Hendroyono                     
 IKLAN BERBIAYA DAN DIBIAYAI

Ketika crowd sudah terbentuk atau dirancang untuk dibentuk sejatinya yang terjadi adalah iklan itu bukan cost tapi investasi.

Beberapa contoh apa yang dibilang sebagai "iklan" menjadi bentuk yang menarik.

Bukalapak atau GoFood sudah melakukan itu.
Konten dari keduanya ternyata bisa menjadi "media" atau "iklan" bagi brand lain.

Jadi berpromosi sambil mendapatkan revenue bagi brand sebagai bukan tidak mungkin.

Prinsip bahwa "everything is medium" sudah semakin jelas terjadi.

Modal Percakapan atau Topik Brand menjadi kunci.

Crowd, dimana sekumpulan orang atau komunitas yang menjadi aset bagi konten atau topik atau brand.

Apakah kita bisa melakukannya?

Tahap demi setahap semua orang bisa melakukannya.

Selamat berhari kamis

Handoko Hendroyono                     

 Ranaka Strategic:
Assalamuallaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

selamat malam teman-teman

semoga kita semua diberikan kesehatan dan rejeki yang berlimpah

malem ini kita adakan kulgram lagi

topik malem ini adalah Growing Your Business Right

materi akan disampaikan oleh sahabat dan guru saya, Mbak Diah Yusuf

berikut beberapa catatan tentang beliau

Working Experience –
1. Business Development Manager – 2000/2003
PT GAC Samudera Kargo Sistem, JV Company of Samudera Indonesia, Tbk
2. Marketing Executive – 1998/2000
PT Satuan Harapan Forwarding Company of Samudera Indonesia, Tbk
3. Building Management Secretary – 1997/1998
Samudera Indonesia Building Management, under Jones Lang La Salle Group Consultancy
4. Corporate Finance Accounting Division – 1995/1997
PT PUL International Line, NOL Shipping Company Group

Workshop Participant & Certification -
1. Smart Business Map (SBM) Trainer, OIM Pro Indonesia, Desember 2016
2. Grounded Leadership Coaching Workshop, The Indonesian Board of Grounded Business
Coaching, November 2016
3. Scale Up Forum Workshop, The Indonesian Board of Grounded Business Coaching,
November 2016
4. Grounded Business Coaching, The Indonesian Board of Grounded Business Coaching,
October 2016
5. 4th Asian SME Conference by ACSB ICSB, September 2016
6. 2nd Asian Marketing Summit, September 2016
7. Training For Mentors YEA, Bandung Juni 2016
8. Kongres Nasional Pendamping UMKM, Jogjakarta Mei 2016
9. Bisa Bikin Brand – Subiakto April 2016
10. Winning the Middle Class Consumer – Inventure January 2016
11. MarkPlus Conference, 2014, 2015
12. Community Manager Development Program – Inventure 2015
13. Business Coach Training – proIndonesia 2015
14. Branding for UKM – MemberiID 2013
15. Several Essential SME Workshop since 2006

Entrepreneurship Experience –
1. Founder/CEO of Zamora Indonesia – retail and agency company for health & beauty product
2. Founder/CEO of Hijab Ayu – fashion and beauty empowerment organizer
3. Founder/CEO of Event4Women – producer and organizer event
4. Founder/CEO of WomenAcademia – entrepreneurship development for women
5. Founder/CEO of Qimosperfume with brands d’Lyfra, dScent, Nufra
6. Founder/CEO of WorkSmartainment – event organizer company
7. Founder/CEO of Moslem Fashion WorkSmart – fashion muslim butique
8. Founder/CEO of Nufra House of Beauty – skincare services
9. Founder/CEO of Moclin – household cleaner

Community & Project Experience –
1. Founder Women Academia – based on women entrepreneurship empowerment
2. Initiate and Project Director of Kompetisi Wirausaha Perempuan Indonesia – a yearly
entrepreneurship competition for women, start on 2015
3. Founder and Steering Committee of Networking & Public Division
Komunitas Memberi – based on entrepreneurship capacity building www.memberi.org
4. Founder and Leader of Hijab Ayu Community – based on muslim women empowering
www.hijabayu.com
5. Founder and Leader of DeDasterpreneur #MomsNetwork – based on on women
entrepreneurship empowerment
6. Founder and Leader of Komunitas Womenpreneur Indonesia – based on women
entrepreneurship empowerment
7. Steering Committee of Networking Division Komunitas Tangan Di Atas – based on
entrepreneurship www.tangandiatas.com
8. As 1st Women Leader of Festival Entrepreneur Indonesia, Jakarta 2009
9. Steering Committee of Pesta Wirausaha, Jakarta 2010
10. Initiator and Judges Sekar Womenpreneur Award (Swoma), 2011
11. Judges of Entrepreneur Science Fest 2010, FKM Universitas Indonesia
12. Judges of Entrepreneurship Program Kopma Fair, Universitas Indonesia, 2010
13. Leader of Alumni LP3I, 1997 - 2000

Other milestone –
1. Supply household cleaner to local MLM company, 2 variants
2. Supply perfume to local MLM company
3. Appointed and supported Ministry of Trade to socialize their program to SME Communities
4. Appointed and supported Ministry of Cooperative And Small Medium Entreprises to socialize
their program to SME Communities
5. Appointed by Ministry of Trade to represent SME Indonesia Business Opportunity as
Exhibitor in Bangkok Franchise Expo 2011
6. Publish Hijab Fashion book, 2014 – sold over 2500 copies thru major bookstore
7. Sub event in Indonesia Fashion Week 2013 – Hijab Style Competition with Sariayu Martha
Tilaar
8. Creating 40 event during 2013 about Hijab and fashion in more than 10 cities in Indonesia
9. Creating and produce Kompetisi Wirausaha Perempuan Indonesia 2015/ Indonesian Women
Entrepreneur Competition 2015 – April 2015

Present Activities –
1. Country Representative & Set Up Consultant UNO Premier International – April 2016 - now
2. Project Director of Sobat UKM PT Telkom Indonesia, Tbk - February 2016 – now
3. Co-founder MemberiID, 2014 – now
4. ICSB (International Council for Small Business) Indonesia, Director of Women
Empowerment, September 2016 – now
5. Director of Business Development One in 20 Movement Pro Indonesia, now – 2019
6. Founder & Chairwoman Indonesia Prima Incubator, 2016 – now
7. Wonderful Start-up Academy, Coach & Mentor Coordinator, January 2017 - now
8. GM Merchandising & Product Development E-commerce Proudly Indonesian – Nov 2016 -
now
9. Founder & Chairwoman Women Academia, 2014 – now
10. Founder and activist of Indonesia Entrepreneurship Community Leader Forum

Point of view –
To support and help other to achieve their brighter life in many ways as well as my life continues
improvement.

Point of view –
To support and help other to achieve their brighter life in many ways as well as my life continues
improvement.

menarik ya perjalanan beliau 😃

baiklah, segera kita mulai ya materi malem ini

ranaka dari malang, mempersilahkan pemateri hebat kita

silahkan Mbak Diah Yusuf                     
[14:01, 11/9/2017] +62 822-4067-5810: Diah Yusuf:
terimakasih mas ranaka (L) :)

Assalamu'alaikum wr wb..

menyapa teman2 yg ada di forum hebat ini.. apa kabar semuanya para guru dan sahabat semua..

mas @Riduanz mbak @RosieGMS kang aher @HernawanAdi dan semuanya.. semoga malam ini semua sehat2 yaa..

saat ini di depok tempat tinggal sy, hujan lumayan deras.. bagaimana dg rekan2 semua

baiklah, minggu lalu mbak Dwita Soewarno menghubungi sy untuk kulgram disini.. waah ngga salah orang nih.. yg jagoan masih buanyakkk padahal...

tapi ok lah, sy akan akan berbagi walau 1 ayat njih.. nanti ayat lainnya monggo di googling sndiri.. hehehe..

terimakasih mas @PelatihBisnis yg sdh men-jembreng kan CV sy, klo ada teman2 sahabat disini yg kira2 bisa sinergi dg saya, monggo lho.. experience sy tadi sdh di atas..

baik, GROWING YR BUSINESS RIGHT
Bisnis harus memiliki tujuan yg jelas dan terukur

dari judulnya saja kelihatannya sdh jelas, loud and clear :)

karena ketika kita 'memutuskan' untuk ber-bisnis maka harus bermanfaat.. bermanfaat untuk siapa? bagaimana? nah itu yg akan kita diskusikan malam ini

bukan begitu mas @PelatihBisnis

Ranaka Strategic:
iya Mbak 😃

Diah Yusuf:
sy saat diminta oleh Telkom Indonesia membantu menggawangi layanan SobatUKM, yaitu layanan konsultasi bisnis bagi para UKM, yg sy jadikan acuan adalah Business Model Canvas - semua klien yg berkonsultasi dg kami, akan di mapping bisnisnya sesuai dg 9 blok yg ada dlm BMC

karena dg memahami bisnis kita dg bantuan tools BMC tsb maka akan lebih mudah untuk kita menetapkan tujuan2 dan strategi bisnis yg akan dijalankan selanjutnya

BMC memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, klo fondasi bisnis kita sdh kuat maka akan lebih mudah menentukan tujuan bisnis dalam 3, 5 10 tahun kedepan..

tetapi BMC bukanlah suatu yg fix, harus direview setiap saat sehingga dinamis dan sesuai dg kebutuhan market

mas @PelatihBisnis apakah 9 blok BMC perlu dibahas juga kah?

Ranaka Strategic:
sepertinya nggak Mbak, perlu seharian bahas detail BMC hehehe

Diah Yusuf:
okay.. sekilas saja sekedar remind ya..                     

 Diah Yusuf:
ketika kita sdh mengisi BMC ini, selanjutnya tetapkan tujuan bisnis, bisa dg konsep GROW Coaching Model

yg sering sy terapkan dlm bisnis/project sy adl :

NOW - about the existing condition
WANTS - asking about what the business wants and desire
WHY - asking why we choose what we want in deep reason
HOW - explore how they do what we wants
WHEN - asking the commitments to start/end our action to achieve what we wants

base nya adl setelah sy melengkapi BMC bisnis/project sy

krn klo fase awal 'understanding our business' nya blm dapet maka biasanya tujuan yg akan di tetapkan pun menjadi tidak terarah

sekilas pengantar dari saya, akan lebih akrab klo dilanjutkan dg tanya jawab :) bolehkah pak moderator @PelatihBisnis

contohnya begini :

ada suatu bisnis healthy food - jus buah,  yg akan  menetapkan What Next atau tujuannya, setelah sebelumnya dia mengisi BMC nya,

NOW -
saat ini berapa botol terjual dlm sehari? seminggu? sebulan?
saat ini berapa biaya yg hrs dia keluarkan dlm operasional? mengakuisisi pelanggan?
saat ini berapa varian product yg dia miliki?
saat ini berapa omzet yg dia dapatkan?

dalam menjawab hal tersebut, ke-akuratan data sangat dibutuhkan, tdk boleh sekedar estimasi

WANTS -
berapa jumlah botol yg ingin dia jual dalam sehari? seminggu? sebulan?
berapa omzet yg ingin dia dapatkan

WHY -
mengapa dia perlu menjual jus sebanyak yg dia inginkan
mengapa dia harus menurunkan biaya operasional nya

HOW -
bagaimana cara menjual sesuai dg target/keinginan yg sdh di tetapkan
melalui channel distribusi apa
bagaimana cara tercepat sampai di tangan pelanggan

WHEN -
kapan dia akan mulai meng-eksekusi perubahan2 yg telah di tetapkan sehingga target/keinginan dia tercapai

coba bapk/ibu terapkan di usaha masing2.. secara simple dan sederhana.. sehingga mapping bisnis akan menjadi lebih jelas dan terukur untuk mencapai tujuan nya

Ranaka Strategic:
sangat menarik Mbak, mulai tanya jawab ya 😃

Diah Yusuf:
baik mas @PelatihBisnis

terimakasih atas kesempatan sharing nya, semoga bermanfaat 👌

Ranaka Strategic:
aaamiiiin

itu tadi baru permulaan ya, memetakan bisnis agar mudah menetapkan tujuan, begitu ya Mbak

Diah Yusuf:
yap

Ranaka Strategic:
sederhana, tapi perlu bener-bener dilakukan, semua harus terdata dan terukur

apakah ini bisa dilakukan temen-temen UKM ya Mbak

Diah Yusuf:
banget mas.. coba di rasa kan..

kita hrs simplify yg rumit2.. dg bahasa sederhana ala sy,semua strata bisnis bisa memakai itu..

Ranaka Strategic:
harus ada yg mengawal atau bisa dilakukan sendiri oleh para pelaku UKM?

Diah Yusuf:
bisa dilakukan sendiri, bersama team maupun di kawal oleh para Coach masing masing

Ranaka Strategic:
apakah 2 tools tadi sudah cukup bagi pelaku UKM untuk menentukan tujuan dan mengukurnya dengan tepat?

Diah Yusuf:
sbenernya dlm bisnis, yg sy fahami, ada berbagai tools dan cara untuk meraih keberhasilan, tdk ada satupun cara yg cocok untuk semua orang.. ada yg cocok dg tools yg product oriented, ada juga yg cocok dg tools dg market oriented..

Ranaka Strategic:
baik Mbak, ada pertanyaan di fb

Rifai
bu contoh what next bmc bisa d tambah lagi bu mungkin penerapan yang berbeda

Diah Yusuf:
jadi kembali lagi pada masing2 bisnis mana tools yg cocok untuk mereka, tetapi saran sy, kedua tools tadi coba di terapkan dulu di bisnis nya masing2, akan ketahuan klo ngga cocok setelah nya..

yg contoh NOW - WANTS - WHY - HOW - WHEN tadi kah?

pak rifai bisnis nya apa kah?

baik.. bapak saat ini produknya apa saja?

Ranaka Strategic:
Rahma Muslimah S
Boleh tau contoh kasus dari kawan2 UKM yang sudah menerapkannya, jujur saya masih bingung dlm hal prakteknya..?

sabar ya, pertanyaan mas rifai perlu jawaban detail 😃

Diah Yusuf:
NOW - WANTS - WHY - HOW - WHEN

NOW -
produk apa sajakah yg dijual saat ini?
produk mana saja yg paling laku dg margin terbesar

WANTS -
dari produk yg ada, berapa target penjualan yg ditetapkan
akan dinaikkan brp % dr data sekarang
apakah perlu menambah varian produk yg bisa menambah income

WHY -
mengapa harus ditetapkan target kenaikan penjualan produk
apakah apabila target tsb tercapai bisa menutupi biaya2 atau ada alasan lainnya

HOW -
bagaimana cara tercepat untuk mencapai target/keinginan yg ditetapkan
bagaimana mendapatkan varian produk2 baru

WHEN -
kapan harus mulai menjual produk baru
kapan harus mencari saluran distribusi baru
kapan kenaikan omzet harus dicapai

bagaimana pak @iafir bisa di rasakan untuk di terapkan.. :)

selamat datang lho sohib saya mbak Nia

apakah sdh cukup membantu pak?

Ranaka Strategic:
pertanyaan selanjutnya Mbak

Yuyun Anwar Bu diah yang baik, banyak teman teman ukm sering tidak paham kapan dia harus tumbuh dg baik, syarat untuk tumbuh dg baik itu apa saja?. Ada loh tiba tiba order meledak di luar perkiraan sehingga tidak siap misal krn over kapasitas misal usaha abon akhirnya abon nya berjamur. Eh bukan nya tumbuh tp lngsg hancur. Bagaimana melihat peluang itu sbg saat tumbuh atau hanya godaan bu

Diah Yusuf:
baik.. lanjut pertanyaan selanjutnya.. yg mana kah mas @PelatihBisnis

owh dari sohib dan guru saya ini, ibu @praktisikulinerpangan

godaan peluang ya bu..

syarat tumbuh dg baik itu ya persiapan yg maksimal ditunjang dg data dan fakta dilapangan.. klo misalnya saat ini kapasitas produksi masih 20kg perhari ya itu dulu yg di maintain sambil pelan2 dinaikin.. dan yg kadang2 lupa memang apabila ada kenaikan permintaan maka bukan berarti hanya omzet yg akan naik, tetapi cost pun otomatis akan naik.. ini yg kadang2 kurang di antisipasi oleh teman2 UKM,..

Ranaka Strategic:
harus tahan godaan ya Mbak 😃

Diah Yusuf:
wah bu @praktisikulinerpangan typing rada panjang nih..

opportunity hrs match dg preparation.. hehehe

yuyun anwar:
Nah,  didunia kuliner ini,  kalo promosi mak jleb kadang order nya lngsg jleb,  tiba tiba mak bedundug minta jadi mitra,  buka dong ditempat ku,  kalo sy cegah nanti dituduh menghalangi bisnis growth

Ranaka Strategic:
makin malem makin seru nih 😃

yuyun anwar:
Godaan di bisnis makanan kadang luar biasa,  bahkan bikin lupa

Diah Yusuf:
yaitulah bu.. minta mreka u/ bikin 2 tools diatas.. bagaimana mreka Understand Their Business dan mau dikembangkan kemana dan kapan.. kasih contoh2 yg tadi ibu sebutkan ttg produk yg malah jamuran, pembayaran yg tdk tepat waktu dll..

Ranaka Strategic:
mirip bisnis kambing saya bu, tiap bulan biasanya kirim 150 ekor, mendadak ada permintaan pasar 500-700 ekor per bulan ^_^

Diah Yusuf:
kadang juga menetapkan pricing juga blm tepat, ketika order banyak, malah rugi.. :) adakah yg pernah mengalami..?

lha ini moderator curhat.. hahaha

Elyas Marwan Sembiring:
kalo kambing dah pesan gak jadi laku, masih bisa kasih makan banyak banyak maka harganya bisa naik mas...
klo buah sama sayur saya di pesan banyak banyak trus gak jadi jual... gimana? bisa berabe nih... sama seperti produk bu Yuyun 😅

#pesertaIkutanCuhat

Ranaka Strategic:
pertanyaan di fb belum ada lagi, silahkan langsung disini, curhat boleh 😃

yuyun anwar:
Bu diah,  yg paling kelihatan nyata utk bisa bilang ini waktu nya kamu tumbuh gede,  karena batasan modal skrg sudah tidak masalah,  byk ukm yg dpat partner bisnis lalu menganggap saatnya saya gede.

Ranaka Strategic:
masih ada waktu 21 menit

Diah Yusuf:
maksudnya dipesan trus ngga jadi jual itu gimana ya mas?

yuyun anwar:
Bu diah,  yg paling kelihatan nyata utk bisa bilang ini waktu nya kamu tumbuh gede itu apa?  karena batasan modal skrg sudah tidak masalah,  byk ukm yg dpat partner bisnis lalu menganggap saatnya saya gede.

Duluuuuu ukm kan selalu bilang gak ada modal,  kl modal bukan kendala,  bagaimana kita bisa melihat secara gamblang belum waktunya tumbuh ?

Rizqo Fondre 🍫:
Bu diah tool yg berbasis market oriented dan product oriented bagaimana contohnya nggih?

Elyas Marwan Sembiring:
kita biasanya dapat order dari bayer, trus deal harga dan oke
nah karena pengirimannya sampai seminggu maka terjadi penurunan harga di tempat pembeli, jd mereka minta pembatalan dan menganggap hangus depe mereka, sementara kita sudah panen buah atau sayur nya... jadikan tinggal ruginya aja sama kita mba... pasar lokal beda grade dengan pasar bayer saya...
dan hal ini pasti akan ketemu tiap tahunnya mba... 😀
mohon solusi 😊

Ranaka Strategic:
ini 3 pertanyaan terakhir ya

Diah Yusuf:
scale-up harus teridentifikasi dg jelas, ada parameter scale-up yg hrs dipenuhi diantara nya :

1. apakah SDM kita bisa ber-operasi secara baik tanpa ada kita sbg owner
2. apakah secara visual kita memiliki KPI yg terukur secara akurat dilihat dr angle nya pelanggan
3. bagaimana leadership kita
4. kita punya progress yg jelas terhadap bisnis goals yg telah ditetapkan
5. laporan keuangan kita sudah akurat dan tepat waktu

apakah sebelumnya menggunakan MOU tertulis? atau proses legalitas lainnya?

Hernawan Adi - AVentama:
Alhamdullillah sehat Bu Diah. Sambil nunggu Surabi Notosuman ini

Diah Yusuf:
ada yg memulai bisnisnya dari produk apa yg dia miliki, baru mencari market atau meng-create market yg sesuai dg produk yg dia miliki, contohnya YAKULT

ada juga yg memulai bisnisnya dg melihat besarnya market yg dia bisa garap, misalnya melihat pasar 'hijaber' sedemikian besar, maka memutuskan u/ berbisnis hijab fashion

iya bu, tapi skrg sdh ada yg tidak.. spt sambel2 an itu kan ada juga yg bukan krn mreka pinter ngulek trus bisnisnya sambel.. :)

Elyas Marwan Sembiring:
gak ada mou dan legalitas mba... seperti jual ke pasar induk saja nya ini

Diah Yusuf:
spt yg di bilang bu Yuyun barusan 'nasib petani' hehehe.. tetapi klo mau berubah, memang caranya ya hrs diubah juga.. coba gunakan MOU sehingga aman di mas nya..

Elyas Marwan Sembiring:
tambahan pertanyaan mba...
sistem sederhana tuk ukm nya mengevaluasi nya ada tools nya gak ya...                     

 Ranaka Strategic:
baik Mbak @diahyusuf , sebagai penutup mungkin ada yg ingin disampaikan buat temen-temen 😃

Bang Raden (@radenthebarber):
Oenjelasannya dimana liatnya ya bu?

Elyas Marwan Sembiring:
harus di coba nih...
makasih mba... 😊

bu Yuyun... jangan jujur kali lah... 😅😅😅

souvenir event:
berati harus mempercepat pengirimannya mas, spy tdk rugi, krn buahnya byk yg menjadi busuk, atau menggunakan truk berpendingin.

Diah Yusuf:
yg tadi sy sampaikan bisa digunakan u/ UKM pak..
its about bagaimana mereka 'mengerti' bisnisnya, 'mengerti' apa yg dia kerjakan saat ini, dan mau dibawa kemana kendaraan bisnis nya kedepan

Business Model Canvas + NWWHW tadi

Ranaka Strategic:
adakah yg ingin disampaikan sebagai penutup kulgram kali ini Mbak @diahyusuf ?

Bang Raden (@radenthebarber):
Yess yess alhamdulillah...makasih bu.....:)

Diah Yusuf:
sebagai penutup kulgram malam ini, semoga yg sy sampaikan tadi bermanfaat dan bisa di share kembali kepada rekan2 lainnya, monggo japri apabila ada yg ingin di diskusikan, sy siap menerima curhat bisnis teman2 semua..

terimakasih pak @Subiakto , mbak Dwita Soewarno dan mas @PelatihBisnis yg sdh berkenan mem-fasilitasi kulgram kali ini.. klo diperlukan, next boleh diundang kembali dg topik yg berbeda misalnya seputar parenting.. hehehe khas emak emak

Wassalamu'alaikum wr wb

Ranaka Strategic:
walaikumsallam wr wb

Wicak Bravo:
Terima Kasih Bu Diah, Sharing ilmu nya malam, nyimak dan Belajar, new bie ini Buk...Luar Biasaaa 🙏😇

Jelujur Indah Art:
Waalaikumsalam.trims kulgramnya Diah

Ranaka Strategic:
materi parenting jelas menarik nih 😃

sampai disini ya kulgram malem ini, semoga bermanfaat dan temen-temen bisa melejit bisnisnya, aaamiiiin

Wicak Bravo:
Bu @diahyusuf dan Mas @PelatihBisnis , saya td add FB nya nggih, mohon do Accept, Matur Suwun 🙏🙏😇😇

Ranaka Strategic:
ranaka undur diri, terima kasih

IMAM Riau @RiauBrand:
Wa'alaikum salam. Terima kasih bu @Dyah atas sharingnya 🙏

Dwita Soewarno:
Waalaikumsalam. Terima kasih mbak @diahyusuf luar biasa...terima kasih juga mas @PelatihBisnis selaku moderator malam ini

Ranaka Strategic:
Wassalamuallaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Iskandar M.:
Terima kasih Ibu @diahyusuf. Pas banget contohnya jus buah 😊

Dwita Soewarno:
Pertanyaannya seru...panjang2 hehehe...dan hampir semua teman2 BBB *terharu

6 komentar:

  1. Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN Eksotis. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. karina bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan-perusahaan fashion. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Ny. karina melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) via email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  2. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya asuransi dan biaya transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta, masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC))
    hanya whatsapp +13234026088 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK!!!
    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini semuanya penipu dan mereka ada di sini Untuk menipu Anda dari uang yang Anda peroleh dengan susah payah, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta. Namun saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang.
    Ketika pencarian saya untuk perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan berlanjut, saya melihat iklan lain secara online dan nama perusahaan tersebut adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan 13 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.
    Semoga Allah dipuji, seorang teman saya yang mengajukan pinjaman dan juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat diandalkan di mana Ny. Ana Michael sang manajer cabang bekerja, dan saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta kredensial saya yang saya kirimkan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin itu adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya kagum ketika saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat dari mendapatkan bisnis saya terputus ke udara dan dilikuidasi dan hari ini bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya.
    Jadi saya menasehati semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menyenangkan hubungi Mars. Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)
    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan yang sama baik dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus